DWP UNMUL Peringati Hari Kartini


Dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Kartini tanggal 21 April 2018 mendatang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti, lomba baca puisi, lomba pidato, lomba busana kebaya Kartini tempo dulu, bazar, lomba membuat garnis, lomba merias wajah dengan mata tertutup (berpasangan), lomba memasang dasi tanpa cermin bagi bapak-bapak dan lomba joget balon (berpasangan).

Kegiatan yang bertemakan Menjadi Perempuan Beriman, Cerdas dan Anggun, ini dilaksanakan selama 2 hari dan di tempat yang berbeda. Lomba baca puisi, lomba pidato, dan lomba busana kebaya Kartini dilaksanakan di Rumah Jabatan Rektor UNMUL, Minggu (08/04). Sedangkan bazar, lomba membuat garnis, lomba merias wajah dengan mata tertutup (berpasangan) dan lomba joget (berpasangan) dilaksanakan di Halaman MPK UNMUL, Senin (09/04).

Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Hj. Nurjaya Idris, S.Sos., M.Si dalam laporannya menyampaikan perayaan Hari Kartini ini dirayakan dengan lomba-lomba yang diikuti oleh para anggota Dharma Wanita Persatuan UNMUL dan Civitas Akademika UNMUL. “Lomba pidato itu sendiri diikuti oleh Ketua Ikatan Wanita Fakultas di lingkungan UNMUL. Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari bantuan Bapak Rektor UNMUL khususnya bantuan yang diberikan oleh Ketua DWP UNMUL, terimakasih atas bantuannya baik moril maupun materil,” tandasnya.

Sementara, Ketua DWP UNMUL dr. Hj. Padillah Masjaya, M.Si., MARS mengatakan seandainya tidak ada Raden Ajeng Kartini kita tidak seperti ini, kita hanya bisa melihat dari tirai jendela dunia ini. Karena, dulu perempuan itu patuh dan takluk kepada suami tidak boleh melihat dunia luar sehingga datanglah pahlawan perempuan.

“Karena perjuangan beliau (Raden Ajeng Kartini) ini kita dari kegelapan terbitlah terang. Saya selalu mengajak dan mengatakan jangan kita menciderai kaum kita. Setiap peringatan Hari Kartini saya menginginkan ada lomba pidato, agar ketika menjadi pejabat atau istri pejabat bila dalam berpidato tidak grogi, tidak gugup dan pintar berkomunikasi dalam menyampaikan pidato. Terimakasih kepada ibu-ibu yang meluangkan waktunya di hari libur ini, datang kesini dengan tujuan untuk pembelajaran,” pungkasnya yang membuka acara secara resmi rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini 2018.

Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menyampaikan penghargaan dan apresiasi khusus karena salah satu yang sering disampaikan oleh para pendiri negara ini, bahwa kalau mau maju, besar dan sukses jangan lupa tentang sejarah. Hari ini Ibu-ibu DWP UNMUL mengingatkan kita tentang peristiwa seorang perempuan yang luar biasa yaitu Raden Ajeng Kartini, sebagai bagian dari diri kita untuk termotivasi sehingga karya dan aktivitas serta perjuangan beliau akan kita teruskan. Alhamdulillah hari ini sudah dilakukan oleh Ibu-ibu DWP UNMUL. (hms/zul)