Dalam Satu Tim, Mahasiswa UNMUL Sabet Juara Umum di Ajang KSMC


Kalimantan Student Mining Competition (KSMC), merupakan kompetisi mahasiswa teknik pertambangan pertama dan terbesar di kawasan tengah dan timur Indonesia, kembali diselenggarakan. Kompetisi ini secara reguler terlaksana setiap dua tahun sekali sejak tahun 2011 oleh Program Studi Teknik Pertambangan dan Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (Himasapta) Indonesia.

Di tahun 2019 ini, delapan orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik (FT), Universitas Mulawarman (UNMUL) yang tergabung dalam satu Tim berhasil menyabet gelar juara umum dengan perolehan lima emas, sembilan perak dan satu perunggu di ajang KSMC kelima yang berlangsung di Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, 22 hingga 28 April 2019 itu.

Tim yang mereka namai “SALNGATLUJA” berhasil menyabet 15 medali dari 17 kategori dan berhasil meraih gelar sebagai juara umum setelah mendapatkan berbagai medali pada bidang Cognitive Test (emas), Rolling Resistance (emas), Underground Mine Stability (emas), Face Tie In (emas), Rock Mechanic (emas), Hand Mucking (perak), Rock And Mineral Identification (perak), Swede SAWING AND RAIL SETTLING (perak), Panning (perak), Bench Blasting (perak), Blasting Vibration Analysis (perak), Briquete Making (perak), Mine Ventilation (perak), Mine Survey (perak) dan Exploration Drilling (perunggu).

Salah satu anggota tim, Andreas Marojahan Gurning dalam rilisnya yang dikirimkan ke Humas UNMUL menyatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menambah ilmu dalam bidang pertambangan dengan membuat pertandingan atau game yang memuat ilmu pertambangan. “KMSC ke 5 Tahun 2019 ini bertema “Application of Technological Advances Mining in Order to Face of Industrial Revolution 4.0” merupakan event tahunan regional kalimantan yang mengadaptasi kompetisi ISMC di Bandung,” tulisnya.

Kompetisi antar mahasiswa tambang se Kalimantan ini sambungnya, diikuti oleh Perguruan Tinggi yang mempunyai jurusan pertambangan maupun geologi. Pada kegiatan KSMC ini juga menjadi salah satu kegiatan untuk persiapan game untuk tingkat International.

"Kita bangga mempunyai superteam, di dalam semua pertandingan kita selalu diawali dengan doa dan kerjasama, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa dapat membawa nama almamater Universitas Mulawarman di puncak kejayaan. Semoga unmul dapat menyelenggarakan perlombaan yang sama dengan cakupan peserta yang lebih banyak dan semoga prestasi tambang bisa dipertahankan, salam tambang,” katanya. Tim SALNGATLUJA terdiri dari Andreas Marojahan Gurning, Ashabul Kahfi, Yogi Budi Utama, Wisnu Wardana Putra, Joniardi, Dionisyus F sinaga, Fadel Muhammad dan M Sabil Kadir. (hms/frn/and)