5 Mahasiswa Unmul Ikuti KKN Kebangsaan di Kabupaten Bonebolango, Gorontalo


Universitas Mulawarman (Unmul) mengirimkan 5 mahasiswanya berpartisipasi dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan di Kabupaten Bonebolango, Gorontalo. KKN Kebangsaan, adalah program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti bekerjasama dengan MRPTNI yang dilaksanakan setahun sekali secara bergantian oleh BKS-PTN di wilayah barat dan KPTN-KTI di wilayah timur, dengan melibatkan semua perguruan tinggi negeri di tanah air, dan bahkan beberapa perguruan tinggi swasta yang berminat dan memenuhi kriteria sebagaimana diatur dalam buku panduan operasional baku (POB) ini.

KKN Kebangsaan menjadi program nasional Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, jiwa kebangsaan, dan patriotisme mahasiswa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). KKN Kebangsaan menjadi wadah komunikasi, pertukaran ide serta jejaring awal bagi mahasiswa se-tanah air dalam mempersiapkan dan mematangkan diri sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. KKN Kebangsaan diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa dan mengenal tanah air Indonesia secara utuh, dan siap mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk semata-mata kepentingan bangsa dan negara secara utuh dan konsisten.

Lokasi Kegiatan sendiri dipusatkan di Kabupaten Bonebolango, Gorontalo, dengan mengangkat tema sentral  “Memadukan Dharma Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat Dalam Satu Kegiatan”.

Delegasi Unmul akan dipimpin Andi Purnawarman, S.Sos., M.Si, dan Drs. Sjaifudin yang akan mendampingi delegasi Unmul selama di lokasi kegiatan. Menurut rencana delegasi Unmul akan bertolak menuju Gorontalo pada hari Rabu, 19 Juli 2017 dan kemudian akan mengikuti pembukaan KKN Kebangsaan yang dihadiri Menristekdikti pada Kamis, 20 Juli 2017. Kelima mahasiswa yang terpilih ialah Fitriyani Sinaga (Fahutan), Inggrid Heksa Novanda (FEB), Lia Asriqah (FMIPA), Widya Fajariani (FMIPA) dan Felisya Santika Saragih (Faperta).

Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si melepas delegasi Unmul di Ruang Kerjanya pada Senin (17/7) didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Prof. Dr. Susilo, M.Pd. Ia memberikan wejangan kepada 5 orang mahasiswa yang terpilih mengikuti KKN Kebangsaan  untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. “Ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, terutama jaga nama baik kampus kita,”.

Senada Masjaya, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono juga memberikan masukan dan nasehat kepada delegasi Unmul, “Tiga hal utama yang harus dilakukan ialah, pertama ambil dan serap hal-hal yang baik, tularkan yang baik-baik itu ke sini (Unmul), kedua manfaatkan pengalaman ini sebagai media belajar dan menambah wawasan, dan ketiga ialah jaga kesehatan,” ucapnya. (hms/arc)