10.902 Peserta Ikuti Tes SBMPTN 2017


Bersaing untuk menempati 1.827 kursi yang tersedia pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Mulawarman (Unmul). Tercatat sebanyak 10.902 calon mahasiswa baru peserta ujian SBMPTN tahun 2017, Selasa, (16/05) mengikuti ujian. Dilaksanakan tepat pukul 08.30 Wita, peserta ujian kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) memulai Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) hingga pukul 12.45 Wita.

Sementara itu, bagi peserta yang memilih kelompok ujian Sosial Humaniora (Soshum) ujian dimulai pukul 10.45 sampai pukul 15.30. Khusus bagi peserta yang memilih kelompok ujian Saintek dan Soshum atau campuran harus mengikuti ujian mulai pukul 08.30 Wita sampai 15.30 dengan waktu istirahat sebanyak dua kali. Sedangkan, peserta yang memilih Prodi Penjaskesrek harus mengikuti Ujian Keterampilan pada 17 atau 18 Mei 2017 di GOR 27 September Unmul, Pukul 07.30 Wita sampai selesai.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, selain peserta Ujian Tulis atau Paper Based Testing (PBT), Unmul menyiapkan pula fasilitas untuk ujian Computer Based Testing (CBT), sebanyak 260 unit komputer yang tersebar di beberapa fakultas tempat lokasi ujian berlangsung. Selain itu, Unmul juga memfasilitasi tujuh orang peserta berkebutuhan khusus dengan menyediakan pendampingan saat peserta tersebut mengerjakan soal ujian.

Memastikan ujian berjalan lancar dan sukses, Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono serta Kepala Sub Bagian Humas Unmul, M. Ihwan, S.Sos., M.AP melakukan kunjungan ke beberapa lokasi tempat penyelenggaraan tes berlangsung. Dimulai dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, pemantauan berlanjut ke Fakultas Pertanian untuk melihat penanganan bagi peserta yang berkebutuhan khusus. Kemudian dilanjutkan bertolak ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk melihat pelaksanaan ujian CBT. 

Diketahui, pengumuman hasil SBMPTN bisa diakses di halaman sbmptn.ac.id pada tanggal 13 Juni 2017. (hms/frn)