Dr. Bohari Yusuf, M.Si


PROGRAM KEGIATAN STRATEJIK PARA WAKIL REKTOR UNMUL PERIODE 2014 – 2018

VISI UNMUL (VISI JANGKA PANJANG)

Universitas berstandar internasional yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam, khususnya hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya.

VISI REKTOR 2014-2018

LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI UNGGULAN YANG DIDUKUNG  OLEH SUMBERDAYA DAN SISTEM PENGELOLAAN PROFESIONAL

MISI REKTOR 2014-2018

1. Sumberdaya Profesional

  • Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia
  • Meningkatkan kualitas akademik, riset, dan pengabdian pada masyarakat

2. Sistem Pengelolaan Profesional

  • Penataan sistem administrasi, keuangan, dan penguatan pendanaan universitas untuk kesejahteraan
  • Penataan sistem akademik dan kemahasiswaan
  • Membangun kerjasama dengan lembaga Pemerintah dan Swasta (nasional dan internasional)

PROGRAM RUTIN
SUB BAGIAN PENYUSUNAN RENCANA DAN PROGRAM
Program Kerja Rektor 2014-2018

Operasionalisasi/Program Kegiatan Sub Bagian P nyusunan Rencana dan Program (Unit Perencanaan)

 PERENCANAAN 1. Melaksanakan Rapat Kerja Penyusunan Anggaran setiap tahun (Semua WR, Biro, Fakultas, Unit Lainnya)
  2. Penyusunan Target Penerimaan Satker
  3. Penyusunan Rencana dan Bisnis Anggaran Satker (RBA)
  4. Penyusunan Rencana dan Program Anggaran Satker (RKA-KL)
  5. Pelaksanaan Revisi Anggaran Satker (RKA-KL)
  6. Pelaksanaan Revisi Rencana dan Bisnis Anggaran Satker (RBA)
  7. Inventarisasi dan identifikasi sarana dan prasarana pendidikan di lingkungan Universitas setiap tahun (semua unit)
  8. Evaluasi Penyerapan Anggaran setiap tahun (semua unit)
  9. Pertemuan Rutin tim Pengembangan Plus staf khusus semua WR (semua WR, BAPKHUM)
  10. Rakor Perencanaan Sarpras di lingkungan universitas (semua Bagian
  11. Penyusunan Proposal-Proposal Pengembangan Sarpras Universitas dan fakultas (Staf khusus, tim pengembangan)
   
 KERJASAMA 1. Peningkatan dan Pengelolaan Kerjasama Dalam Negeri
  2. Penyusnan Buku Dosen Studi Lanjut Program Master (S2) dan Program Doktor (S3) di Dalam Negeri
  3. Penyusunan Buku Kumpulan MOU dengan Mitra Dalam Negeri
  4. Menyusun Laporan Tahunan Sub Bagian Kerjasama Dalam Negeri
  5. Penyusunan Buku Kerjasama Universitas Mulawarman dengan Instansi/Lembaga di Dalam Negeri
  6. Peningkatan dan Pengelolaan Kerjasama Luar Negeri
  7. Penyusunan Buku Dosen Studi Lanjut Program Master (S2) dan Doktor (S3) di Luar Negeri
  8. Penyusuna Buku Kumpulan (MOU) Universitas Mulawarman dengan Mitra di Luar Negeri
  9. Penyusunan Laporan Tahunan Sub Bagian Kerjasama Liar Negeri
  10. Penyusunan Buku Kerjasama Universitas Mulawarman dengan Instansi/Lembaga di Luar Negeri
   
 HUBUNGAN MASYARAKAT 1. Re-design dan pencetakan leaflet, flyer, profil dan vandel universitas
  2. Penerbitan Buletin Kampus Integritas secara rutin
  3. Operasional dan pemeliharaan website universitas dalam dua bahasa
  4. Pembuatan Dokumentasi Foto (Album Foto)
  5. Pengelola Kehumasan
  6. Pembuatan Kliping Koran
  7. Kegiatan Pembuatan Laporan Tahunan
  8. Operasional dan pemeliharaan website universitas dalam dua bahasa
  9. Langganan Jasa Publikasi, Cetak dan Online

 

MISI 1. MEWUJUDKAN SUMBERDAYA PROFESIONAL
WAKIL REKTOR BIDANG PERENCANAAN, KERJASAMA DAN HUBUNGAN MASYARAKAT 2014-2018
 1. Meningkatkan kualitas SDM  
a. Mendorong pening-katan kompetensi dosen melalui fasilitasi pembiaya-an pendidikan Doktor. 1) Mengupayakan sumber-sumber pendanaan melalui kerjasama dan kemitraan dalam rangka peningkatan kualifikasi, profesionalisme dan kompetensi dosen dan karyawan.
b. Peningkatan jaminan kesehatan bagi civitas akademika melalui kerjasama dengan lembaga asuransi dan kesehatan. 1) Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan lembaga asuransi dan kesehatan
   

2. Peningkatan Kualitas Akademik, Riset dan Pengabdian Masyarakat

2.1 Bidang Akademik

 
a. Mengoptimalkan peran Senat Universitas sebagai alat kontrol dengan cara memposisikan Jabatan Ketua Senat Universitas tidak harus dijabat oleh Rektor. 1) Penguatan Fungsi, Peran dan Independensi Komisi Perencanaan Senat Universitas dalam Penyusunan Program Kerja Universitas
2.2 Bidang Riset  
a. Mendorong kegiatan riset melalui pengembangan pusat kajian dan laboratorium pada setiap fakultas berdasarkan disiplin ilmu. 1) Melakukan pendataan potensi-potensi pusat-pusat kajian dan laboratorium (sumberdaya manusia, fasilitas, bidang kajian, dan lainnya)
  2) Melakukan promosi dan publikasi potensi pusat-pusat kajian dan laboratorium kepada pihak ketiga (eksternal)
  3) Menjalin kerjasama dan kemitraan dalam bidang riset dengan berbagai pihak serta mengupayakan kerjasama pemanfaatan fasilitas riset dengan lembaga lain
  4) Mengupayakan perencanaan dan pengadaan peralatan-peralatan riset standar di setiap laboratorium
  5) Merencanakan terwujudnya laboratorium terpadu universitas
2.3 Bidang Pengabdian Masyarakat   
a. Mendorong setiap fakultas untuk mengem-bangkan daerah binaan dan melakukan pendampingan berdasarkan disiplin ilmu masing-masing 1) Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan daerah binaan
  2) Memfasilitasi peran dosen dan mahasiswa dalam melakukan program pengabdian masyarakat di Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur
  3) Memfasilitasi fakultas/lembaga/UPT /ULS berpartisipasi pada sentra-sentra pengembangan daerah (sains technopark, education center, kawasan industri, dll)
Menyelenggarakan KKN Nusantara dan KKN Internasional 1) Melakukan kerjasama pertukaran mahasiswa KKN/PKL/Research-Group dengan beberapa universitas di Indonesia dan Asia Tenggara
  2) Menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah di luar Kaltim dalam upaya penyelenggaraan KKN Nusantara
  3) Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan Perusahaan-Perusahaan Nasional dalam upaya program KKN, Magang dan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa sesuai bidang keilmuannya
Mengembangkan kemitraan dengan pemerintah pusat/ pemerintah daerah dan swasta dalam pemberdayaan masyarakat. 1) Menjalin kemitraan dengan seluruh Kabupaten dan Kota se Kaltim dan Kaltara dalam pemberdayaan masyarakat
  2) Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan kementerian dan lembaga dalam pemberdayaan masyarakat
  3) Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan perusahaan swasta/BUMN/ BUMD dalam pemberdayaan masyarakat

MISI 2. MEWUJUDKAN SISTEM PENGELOLAAN PROFESIONAL
1. Penataan Sistem Administrasi, Keuangan, dan Penguatan Pendanaan Universitas Untuk Kesejahteraan Dosen dan Tenaga Kependidikan
1.1 Penataan Sistem Administrasi    
a. Pengembangan SOP setiap pelayanan administrasi 1) Penyusunan SOP bidang kerjasama, perencanaan, evaluasi penyerapan anggaran, evaluasi kinerja ULS, Hubungan Masyarakat
  2) Implementasi seluruh SOP yang telah dibuat
b. Penyelenggaraan birokrasi kampus yang responsif dan adaptif melalui rembuk kampus 1) Menyelenggarakan Rembuk Kampus setiap tahun
  2) Menyelenggarakan coffee morning/breakfast meeting minimal sekali dalam 2 bulan
  3) Menyelenggarakan FGD tematik secara rutin sesuai kebutuhan
  4) Penyusunan Renstra Bisnis Universitas 2015-2018 secara terbuka dengan metoda partisipatif
  5) Penyusunan Grand Design Universitas 2045 secara terbuka dengan metoda partisipatif
1.2 Penguatan Pendanaan    
a. Optimalisasi sumber pendanaan universitas yang tidak berorientasi kepada maha-siswa Diploma dan S1 melalui intensifikasi dan ekstensifikasi dana rupiah murni, hibah pemda dan kerjasama 1)

Membantu Promosi dan Sumber Pendanaan pengembangan Program Pascasarjana untuk mendorong peningkatan rasio mahasiswa program S2 dan S3

  2) Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) dalam rangka optimalisasi kerjasama riset, joint event dan hibah.
  3) Mengoptimalkan program-program dengan sumberdana APBN dan Loan (LN)
  4) Menjalin hubungan kemitraan dan kerjasama bidang riset, jasa, produksi, dan bidang lainnya dengan Dunia Usaha dan Industri
  5) Pemberdayaan 'ULS/UPT. Non-OTK' dalam menjalin kerjasama dengan mitra
b. Optimalisasi peran unit bisnis dalam menghasilkan penerimaan BLU Unmul melalui pemanfaatan aset universitas dan sumber penerimaan lainnya, dengan mendirikan/membangun/membentuk unit-unit usaha profesional 1)

Menginisiasi pendirian unit usaha atau kerjasama usaha dengan pihak ketiga dalam bidang Industri, Jasa dan Perdagangan, dengan memanfaatkan aset dan potensi keahlian sumberdaya manusia yang ada pada setiap Fakultas)

  2)

Menginisiasi/memfasilitasi Pembukaan /pendirian apotek, Laboratorium Klinik, Laboratorium Pengujian terpadu,  serta Poliklinik Kampus dengan menjalin kemitraan dan kerjasama pihak ketiga/investor/APBN/APBD

  3)

Menginisiasi pendirian Lembaga Survai dan Pemetaan, dan Lembaga Penerbitan dan Percetakan

  4) Optimalisasi fungsi GOR 27 September menjadi Convention Hall dan Pusat Bisnis Universitas
  5) Merancang pemanfaatan aset universitas di Jalan Flores menjadi salah satu pusat kegiatan bisnis baru
  6) Menjalin kerjasama dengan investor dalam membentuk unit-unit usaha kreatif di lingkungan universitas
2. Membangun Kerjasama Dengan Lembaga Pemerintah dan Swasta (Nasional dan Internasional)
a. Mengembangkan sistem pemagangan bagi dosen dan tenaga kependidi-kan di universitas terkemuka dalam dan luar ne-geri. 1)

Menjalin kerjasama dengan universitas terkemuka di dalam dan luar negeri

  2) Pengiriman dosen untuk studi lanjut, magang, short course, joint research
b. Menjalin kerjasama dengan universitas luar negeri melalui pengembangan single degree, double degree, dan earning system 1) Penyelenggaraan dan pengembangan kerjasama dengan universitas luar negeri melalui pengembangan single degree, double degree, dan earning system
c. Merealisasikan, me-maksimalkan, dan mengevaluasi MoU yang sudah ada da-lam rangka pengem-bangan Unmul ke de-pan 1) Evaluasi MoU existing dan melakukan pendataan semua kerjasama yang terjalin di semua unit fakultas/lembaga/UPT/ ULS/Puslit
  2) Tindak lanjut MOU melalui optimalisasi perjanjian kerjasama
d. Mendorong Unmul menjadi bagian dari ASEAN University Network menyong-song ASEAN Community 2015 1) Optimalisasi peran Unmul dalam KUC (Kalimantan Universities Consortium) dan BSN (Borneo Studies Network)
  2) Meningkatkan partisipasi UNMUL dalam kegiatan-kegiatan ASEAN University Network
3. Penataan dan Pengembangan Infrastruktur secara Profesional    
a. Merampungkan pembangunan kampus yang belum selesai 1) Penyusunan Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup
  2) Penyusunan AMDAL Unmul
  3) Audit Teknis Gedung-gedung Mangkrak
  4) Penyusunan Masterplan Fisik Universitas dengan konsep 'Tropical Campus'
  5) Penyelesaian DED gedung-gedung mangkrak
  6) Lanjutan Penyelesaian Pembangunan Gedung-gedung mangkrak
b. Penyelesaian hibah Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur terhadap lahan kam-pus Unmul 1)

Penyelesaian status lahan:

- Kampus Gunung Kelua

- Kampus Flores

- Kampus Banggeris

- Kebun Percobaan Pertanian Teluk Dalam

c. Pencanangan pembangunan kampus baru melalui pembentuk-an tim terpadu 1) Pembentukan task force
  2) Pengurusan Hibah Lahan dari PEMKOT Samarinda
  3) Pembuatan masterplan kampus baru
d. Menata akses  jalan dan interkonektivitas dalam kampus 1) Penataan landscape kampus UNMUL Gn Kelua
  2) Pembangunan Pedestrian
e. Pengembangan sarana/ prasarana laboratorium 1) Pembangunan Laboratorium Terpadu
  2) Pengadaan peralatan laboratorium terpadu
  3) Memfasilitasi penyediaan sarana/ prasarana Laboratorium di setiap Fakultas melalui APBN/APBD (Kerja-sama: PR2; PR 2; Fakultas; Prodi; Laboratorium)
  4) Memfasilitasi laboratorium di setiap Fakultas mempersiapkan dan mela-kukan upaya akreditasi laboratorium e.g. KAN - Komite Akreditasi Nasi-onal (Kerjasama: PR2; PR 2; Fakultas; Prodi; Laboratorium)
  5) Memfasilitasi pembentukan labo-ratorium layanan bersama di ling-kungan UNMUL (sharing resources) untuk analisis spesifik dan peralatan laboratorium yangsangat mahal.